Categories
Parenting

Saat Mengenalkan Makanan Pertama

Menurut Tuti, MPASI pertama yang bisa dikenalkan pada bayi selepas usianya 6 bulan adalah buah. “Saya menyarankan kenalkan dulu buah sehari sekali pada bayi selama dua minggu. Volumenya tidak perlu terlalu banyak. Buahnya harus dihaluskan, disaring, dan encer dengan ditambah sedikit air karena bayi selama 6 bulan sebelumnya hanya minum ASI,” jelas Tuti. Setelah mengenalkan rasa leZat buah berjalan dua minggu, bayi bisa diberikan bubur susu selama dua minggu juga. Pada bulan ketujuh, bayi sudah bisa diberi makan berupa nasi tim halus. Selanjutnya berikan buah di sela-sela Zaktu makan utama. “Buah yang diberikan harus bervariasi dan diselangseling setiap dua hari.” Pemberian buah, lanjut Tuti, bertujuan untuk mengenalkan aneka rasa kepada bayi. “Buah jangan dicampur dengan makanan, tetapi hanya dengan buah. Misal pepaya dicampur dengan jeruk baby, apel dengan jeruk baby. Buah-buah lain seperti pisang dan avokad juga boleh, asalkan lu,at dan disaring halus.

Disamping itu, untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing, berikan ia les di tempat kursus berbahasa perancis di Jakarta.

Solusi Sakit Akibat Heel Prick

Sekitar 60% bayi baru lahir bisa mengalami kuning, sehingga dokter sering melakukan tindakan heel prick atau pengambilan darah dari tumit bayi untuk mengujinya. Sayangnya, tindakan ini membuat bayi kesakitan. Riset yang dimuat di JAMA Pediatrics menemukan solusi untuk meredakan rasa sakit ini, yakni dengan cara pemberian glukosa oral dan meminta Mama segera menyusui bayinya. “Dari studi ini didapatkan, glukosa bisa menghambat persepsi korteks terhadap rasa sakit, sementara menyusui berperan sebagai stimulasi multisensor yang dapat mengurangi persepsi rasa sakit,” kata Dr. Sergio Demarini, Direktur Perinatalogi dari IRCCS Burlo Garofolo, Trieste, Italia, salah satu peneliti.

Bawa Bayi Berenang

Menurut studi dari German Sports College di Jerman, membiasakan bayi berenang sangat bermanfaat bagi perkembangannya. Secara menyeluruh, bayi yang sudah kenal kolam renang sejak dini memiliki koordinasi tubuh yang lebih baik serta daya tahan yang lebih kuat. Studi yang dilakukan di Norwegian University of Science and Technology ini juga menemukan, belajar berenang sejak dini membuat bayi memiliki keseimbangan dan kemampuan motorik yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *