Categories
Resep

Resep Ayam Panggang

Ayam panggang adalah semua yang saya suka tentang ayam panggang: Kulitnya yang segar dan keemasan, memanggil stik drum, dan aroma yang meniup pikiran yang memenuhi dapur saya. Tapi resep ayam panggang Peru ini bukan hanya resep ayam panggang biasa. Inilah alasannya:

• Ini berasap dan sedikit pedas, tapi dengan pizzazz. Saya berusaha sedekat mungkin dengan yang asli dengan menambahkan dua jenis pasta cabai Peru: aji amarillo dan aji panca (aji berarti cabai). Keduanya sebenarnya terasa sangat berbeda. Aji amarillo pedas, cerah, dan sedikit manis, sedangkan aji panca memiliki rasa yang besar, berani, dan berasap tanpa banyak panas. Tidak dapat menemukan keduanya? Tambahkan sedikit cabai rawit untuk aji amarillo dan paprika asap untuk aji panca.

• Juga, temui aji verde. Ini adalah saus hijau yang lembut, kuat, dan sejuk yang secara tradisional disajikan dengan ayam Peru – dioleskan secara ideal. (Ini juga cocok untuk mencelupkan sayuran dan keripik kentang.)

• Anda tidak dapat menyajikan ini di atas piring yang tampak seperti ayam panggang utuh. Ini akan lebih terlihat seperti alien bintang laut yang sangat kecokelatan karena ayamnya ditetaskan.

Apa spatchcock itu?

Spatchcocking terdengar kotor, tetapi itu hanya berarti membuang tulang punggung dan meratakan ayam agar setiap bagian matang dengan sempurna pada saat bersamaan. Ini juga mengurangi waktu pemanggangan. Beberapa orang mungkin menyebutnya butterflying. Saya berpegang teguh pada spatchcocking. Begini cara Anda memijah ayam:

PSA: Jika pikiran untuk memotong tulang membuat Anda panik, hubungi teman Anda yang paling heroik atau tukang jagal tetangga untuk meminta bantuan. Butuh jalan keluar? Cukup gunakan empat kaki ayam dan kurangi waktu memasak menjadi sekitar 45 menit. Jika tidak, kumpulkan burung Anda, gunting dapur tajam, dan talenan besar.

Letakkan bagian dada ayam menghadap ke bawah di atas talenan.
Pegang erat-erat dengan satu tangan. Dengan menggunakan gunting dapur, potong satu sisi tulang punggung dari ekor ke leher. Anda mungkin membutuhkan kekuatan kedua tangan pada gunting untuk melewati beberapa bagian.
Ulangi dengan memotong sisi lain dari tulang punggung, lepaskan seluruhnya.
Balikkan burung Anda (hee!) Sehingga bagian dada sekarang menghadap ke atas.
Letakkan telapak tangan Anda di atas payudara dan tekan dengan kuat (gunakan berat badan Anda di atasnya) hingga rata. Ayam Anda sekarang sudah di-spatchcock.

BAHAN
UNTUK AJI VERDE:
2 c. daun ketumbar dan batang empuk
1 c. daun kemangi
1/4 c. krim asam
2 jalapeños, batang dibuang dan buang bijinya
2 sdm. minyak zaitun
1 siung bawang putih, kupas
1 sendok teh. aji amarillo atau sejumput cabai rawit
1/2 sdt. garam halal
Kulit dan perasan 1 jeruk nipis
UNTUK AYAM:
1 ayam spatchcocked utuh, sekitar 5 pon
1/4 c. minyak zaitun
4 siung bawang putih, cincang atau parut dengan microplane
1 sendok teh. pasta aji amarillo atau 1/4 sendok teh cabai rawit
1 sendok teh. pasta aji panca atau 1 sendok makan paprika asap
1 1/2 sdt. jinten
1 1/2 sdt. garam halal
1 sendok teh. lada hitam yang baru digiling
Kulit dan perasan 1 jeruk nipis

Untuk aji verde: Dalam blender, blitz cilantro, basil, krim asam, jalapeños, minyak zaitun, bawang putih, aji amarillo, garam, dan air jeruk nipis dan parut dengan kecepatan tinggi sampai lembut. Pindahkan ke mangkuk kecil dan simpan dalam lemari es sampai siap disajikan.
Untuk ayam: Dalam mangkuk besar, aduk minyak zaitun, bawang putih, aji amarillo, aji panca, jintan, garam, merica, air jeruk nipis, dan parutan kulit. Tambahkan ayam, balik menjadi lapisan. Tutup dan biarkan bumbu meresap di lemari es setidaknya selama 2 jam atau semalaman.
Keluarkan ayam dari lemari es setidaknya satu jam sebelum dimasak untuk mencapai suhu kamar. Panaskan oven sampai 425 °. Atur rak kawat di atas loyang berlapis foil. Angkat ayam dari bumbu dan taruh sisi kulitnya di atas rak kawat. Selipkan ujung sayap di bawah payudara.
Panggang selama 55 sampai 60 menit, sampai cairan di antara kaki dan paha terlihat jernih atau termometer yang dimasukkan ke paha menunjukkan hasil 165 °. Diamkan 10 menit sebelum diiris dan disajikan dengan aji verde.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *