Categories
Pendidikan

3 Contoh Passive Voice Untuk Dipelajari

Pernah mendengar kalimat bahasa inggris yang menjelaskan sebuah peristiwa atau fakta tetapi penulisan katanya kalimat aktif dibalik menjadi kalimat pasif?

Kalimat-kalimat seperti ini sering kali digunakan dalam pemberitaan-pemberitaan di koran-koran dan bahkan seringkali digunakan dalam berbagai percakapan seperti yang dikutip dari sumber website Studiva

Penggunaan kalimat pasif ini dalam bahasa inggris disebut dengan passive voice.

Nah bagaimana rumus passive voice dalam penggunaannya di dalam kalimat dalam bahasa inggris. Serta bagaimana rumus menempatkan passive voice serta contoh-contoh passive voice dalam kehidupan sehari-hari.

Kalimat passive voice atau kalimat pasive dalam bahasa inggris mempunyai beberapa ciri yang bisa diidentifikasi dengan mudah. Selain itu passive voice juga bisa dijabarkan dalam beberapa contoh tense dalam bahasa inggris.

Contoh passive voice yang bisa anda identifikasi dalam bahasa inggris biasanya menggunakan kata by. This book is written by Stephen Spielberg.

Maka kalimat ini secara sederhana sudah menjelaskan apa itu contoh passive voice.

Karena kalimat pasif hanya menjelaskan sebuah subjek di depan dengan penggunaan by/is/are atau was/were di akhir. Pembalikan dari kalimat aktif yang biasanya dipakai dalam kalimat-kalimat bahasa inggris pada umumnya.

Rumus Passive Voice

Selain itu, rumus kalimat passive voice juga bisa diidentifikasi dengan rumus singkat: Subject + to be + verb tiga + by. Kata kunci selanjutnya adalah penggunaan verb tiga pada kalimat pasif yang selalu digunakan pada past participle atau kalimat pasif untuk masa lampau adalah penggunaan verb ketiga yang biasanya berakhiran -ed untuk reguler verb dan juga berakhiran tidak beraturan untuk irreguler verb.

3 Contoh Passive Voice Untuk Dipelajari

Nah, lalu bagaimana contoh passive voice untuk past participle. Contoh passive voice untuk past participle adalah: The Plane was produced by Airbus in 1991. kata was menunjukkan to be. Sementara produced adalah verb tiga yang kemudian diikuti oleh by dan keterangan penjelas.

Selain diatas, terdapat dua ciri-ciri utama passive voice yang bisa anda perhatikan. Pertama, passive voice pastinya mengandung penggunaan to be misalnya is, am, are, was, were, been, be, dan juga being. Sementara ciri kedua adalah jika passive voice digunakan dalam past participle maka sesudah penggunaan to be selalu menggunakan verb ketiga.

Nah, passive voice sendiri bisa digunakan dalam berbagai tense yang ada di dalam tata bahasa inggris. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat contoh pasive voice ke dalam berbagai tense tersebut:

1. Contoh Passive Voice yang Digunakan Ke Simple Present Tense

Pertama, contoh passive voice yang digunakn ke dalam simple present tense. Simple present tense adalah tense yang menjelaskan keadaan saat ini dan tengah berlangsung atau rutinitas sehari-hari:

A.The bags are sold in many supermarket

B.The chair is produced by artist from Jepara.

C.I am promoted as a new ambassador.

2. Contoh Passive Voice Dalam Simple Past Tense

Kedua, contoh passive voice ke dalam simple past tense. Simple past tense sendiri merupakan tense yang menjelaskan kondisi pada masa lampau dan kondisinya sendiri telah selesai. Kalimat ini bisa disimpulkan dalam sebuah rumus: subject + to be + past participle.

A.I was promoted as as new brand ambassador.

B.The Chair was produced by artist from Jepara in 1991.

C.The bags were produced in 1991.

3. Contoh Passive Voice Dalam Present Perfect Tense

Ketiga, contoh kalimat passive voice yang dipakai ke dalam present perfect tense.

Present perfect tense ini merupakan tense yang menjelaskan sebuah peristiwa di masa lampau dan telah berjalan di masa lampau dan tidak lanjut sampai sekarang. Artinya memiliki ruang atau periode di masa lampau.

A.He has been promoted as a new brand ambassador

B.The books have been published by Gramedia Utama

C.The magazine has been printed by Gramedia Utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *