Categories
News

13 Khasiat Bawang Lanang yang Menakjubkan

Khasiat Bawang Lanang – Bawang lanang mungkin terdengar asing di telinga kita. Sebagian orang lebih mengenal bawang lanang dengan sebutan bawang tunggal. Istilah bawang lanang berasal dari bahasa jawa, sedangkan orang barat menyebutnya solo garlic atau single clover garlic.

Bawang lanang merupakan umbi bawang putih tunggal yang ukurannya lebih kecil. Bawang lanang ini dibudidayakan tanpa menggunakan campuran pupuk kimia atau pestisida lain. Itu sebabnya bawang lanang dipercaya lebih berkhasiat dibandingkan bawang putih pada umumnya.

Baca Juga: Tips Memilih Catering Nasi Box

Kebanyakan orang hanya mengetahui fungsi bawang putih sebagai bumbu dapur, padahal manfaat bawang putih lebih dari itu. Bahkan khasiat bawang lanang atau bawang putih tunggal ini dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Inilah 13 Khasiat Bawang Lanang yang Bisa Atasi Berbagai Macam 

Di dalam bawang lanang terkandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, lemak, vitamin B6, vitamin C, folat, asam patotenat, niacin, thiamine, riboflavin,beta karoten, kalium, kalsim, sodium, magnesium, fosfor, seng, zat besi, selenium, protein, mangan, serat dan lainnya. Dengan berbagai kandungan tersebut, khasiat bawang lanang ini dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti :

1. Mengobati flu

Menurunnya sistem kekebalan tubuh membuat seseorang rentan terkena penyakit flu. Kandungan vitamin C dan mineral lain pada bawang lanang membuat bawang lanang mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga khasiat bawang lanang ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit flu.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Zat alicin yang terkandung dalam bawang lanang terbukti ampuh dalam menangkal radikal bebas seperti bakteri, virus, kuman maupun jamur yang mengganggu sistem pencernaan.

3. Mengatasi batuk berdahak

Dahak yang muncul pada penderita batuk berdahak akan terasa sangat mengganggu. Jika Anda mengalami batuk berdahak, Anda dapat menggunakan khasiat bawang lanang ini untuk mengobatinya. Zat bioaktif yang terdapat pada bawang lanang dapat berfungsi mencairkan dahak. Anda bisa memanggang bawang lanang ini kemudian mengonsumsinya bersama madu.

4. Mengobati sakit gigi

Sakit gigi terasa sangat menyiksa bagi penderitanya. Apalagi jika penderita sakit gigi memiliki riwayat sakit gigi kambuhan. Jika Anda mengalami sakit gigi gunakanlah khasiat bawang lanang ini dengan cara menghaluskan bawang lanang kemudian tempelkan pada bagian gigi yang sakit.

5. Melancarkan sirkulasi darah

Bawang lanang mengandung zat besi yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Jika Anda mengalami masalah kesehatan yang berhubungan dengan peredaran darah terganggu maka Anda bisa menggunakan khasiat bawang lanang ini.

6. Mencegah penyakit jantung

Salah satu khasiat bawang lanang dapat melancarkan peredaran darah sehingga jika Anda mengonsumsi bawang lanang ini dapat membantu Anda mencegah serangan jantung.

7. Mengatasi asam urat

Penyakit asam urat menyebabkan peradangan pada urat sendi dan menimbulkan rasa nyeri yang membuat penderitanya sulit beraktivitas. Bawang lanang bersifat antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan sehingga dapat membantu mengatasi asam urat.

8. Mengatasi asma

Senyawa aktif yang terkandung di dalam khasiat bawang lanang dapat membantu menyembuhkan asma kambuhan. Cara mengonsumsinya cukup dengan memakan bawang lanang mentah atau dipanggang lalu dicampur dengan sedikit madu.

9. Mengatasi wasir

Khasiat bawang lanang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit wasir. Sifat antiinflamasi yang terdapat pada bawang lanang dapat membantu meredakan nyeri dan pembengkakan pada anus.

10. Menetralisir racun dalam tubuh

Bawang lanang memiliki antioksidan yang dapat menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Jika seseorang mengalami keracunan makanan, makanlah bawang lanang ini.

11. Mengatasi hipertensi

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi yang tidak segera diatasi dapat memicu timbulnya penyakit kronis lainnya. Di dalam bawang lanang terkandung senyawa aktif iodin dan sulfur yang bersifat desinfektan sehingga dapat membantu menaikkkan kadar endotelium yang membantu melancarkan darah.

12. Menurunkan kolesterol

Bawang lanang mengandung allicin yang berkhasiat menekan jumlah kolesterol total yang ada di dalam tubuh. Khasiat bawang lanang ini dapat menurunkan lemak penyebab tingginya kolesterol dalam tubuh.

13. Mencegah penyakit kanker

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang – orang yang mengonsumsi bawang lanang akan terhindar dari serangan kanker perut dan kanker usus besar dibandingkan orang – orang yang tidak mengonsumsinya. Bawang ini mengandung organosulfida yang dapat membantu kerja hati dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh, termasuk racun penyebab kanker perut dan kanker usus besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *